Disiplin Adalah Nomor Satu Di Jepang

sumber : brilio.net

Jepang merupakan sebuah negara yang menjunjung tinggi nilai luhur budaya dan kedisiplinannya. Dalam hal pekerjaan orang Jepang mempunyai sifat yang positif dan sangat loyal. Tanggung jawab yang mereka junjung sangatlah tinggi, semisal ada suatu masalah atau tidak bisa memenuhi target yang direncanakan mereka tidak akan mencari alasan untuk meminta maaf.

Orang Jepang tidak akan pernah mengeluh kalau dituntut tentang kedisiplinan dan loyalitas dalam hal pekerjaan. Sudah menjadi rahasia umum kalau orang Indonesia sepulang bekerja dari Jepang menjadi orang yang berbeda dan lebih disiplin saat di tanah air.

Berikut beberapa kelebihan saat orang Jepang bekerja:

1. Bekerja dan pulang selalu tepat waktu
Hasil gambar untuk bekerja dan pulang tepat
foto: aws-dist.brta.in

Semua perusahaan di Jepang sangatlah melarang terhadap jam karet yaitu mengulur ulur waktu. Mereka sangatlah menaati peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan. Seperti waktu berangkat dan pulang dari kantor, semua peraturan itu berlaku untuk para karyawan termasuk sang bos. Dengan peraturan seperti ini, membuat karyawan dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi atau pekerjaannya dengan baik.

2. Mengawali pekerjaan dengan berolahraga
Hasil gambar untuk olahraga di kantor
foto: dr6lu7haad5wd.cloudfront.net/

Semua perusahaan di Jepang diwajibkan mengawali pekerjaanya dengan senam pagi. Para karyawan diminta untuk berkumpul 20 menit sebelum kerja dimulai dan melakukan peregangan ringan sebelum memulai pekerjaan. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, karena olah raga ringan tersebut berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya stress saat bekerja.

3. Disiplin adalah nomor satu
Hasil gambar untuk disiplin jepang
foto : i1.wp.com/sukajepang.com

Jepang memang dikenal dengan negara yang paling disiplin. Semua yang ada di Jepang serba teratur, bahkan saat istirahat lampu perusahaan akan dimatikan. Hal ini bertujuan untuk efisiensi yang maksimal.

4. Pekerja Jepang tidak mengenal kasta
Hasil gambar untuk perlakuan sama dalam bekerja
foto: blog.payrollbozz.com

Di Jepang pekerjaan tidak dipandang dari ras atau usia, para karyawan akan mendapatkan perlakuan yang sama tanpa membedakan satu dengan yang lain. Memang persaingan mendapatkan jabatan menjadi prioritas yang utama, tapi tidak untuk perbedaan kasta.

5. Hari ini harus lebih baik dari kemarin
Hasil gambar untuk menyumbang ide
foto: cdn-image.hipwee.com

Setiap perusahaan di Jepang mempunyai prinsip kaizen (perbaikan berkelanjutan). Yang artinya setiap karyawan perusahaan diharapkan untuk menyumbangkan ide untuk perkembangan perusahaannya. Biasanya, setiap minggu para karyawan perusahaan akan membentuk kelompok dan berdiskusi untuk membahas perbaikan dalam perusahaan. Hal ini bertujuan untuk membuat perusahaan terus berkembang dan tidak tertinggal oleh perusahaan yang lain.

6. Naik jabatan berdasarkan prestasi kerja
Hasil gambar untuk naik jabatan
foto: cdn0-a.production.images.static6.com

Bekerja di perusahaan Jepang, akan membutuhkan tenaga keras dan pikiran. Namun, usaha keras yang kita keluarkan tidak akan sia-sia. Semuanya bisa kita diukur dengan seberapa besar usaha yang telah dilakukan dan benar-benar akan dihargai sesuai dengan porsinya.

Kedisipilan adalah suatu pemegang peranan penting dalam kesuksesan, apa lagi untuk bangsa yang ingin maju.

Komentar

Member of

Blogger Jakarta