Mengenal Film Hasil Kerja Sama Antara Indonsia Dan Jepang

foto https://pngtree.com/freepng/clapperboard-film-film-elements_844722.html

Sebagai salah satu bentuk media massa, film dinilai mempunyai pengaruh yang besar bagi kejiwaan penontonnya. Kendati demikian film dipandang memiliki jangkauan, realisme, popularitas yang lebih, dan pada perkembangannya film digunakan sebagai alat propaganda suatu negara.

Film juga mempunyai sifat yang universal, sebuah film tidak hanya diproduksi oleh satu negara saja, tetapi juga bisa oleh beberapa negara. Hal ini menunjukan bahwa film bisa digunakan sebagai alat kerja sama antar negara. Seperti halnya 5 film berikut yang merupakan hasil kerja sama antara negara Indonesia dengan Jepang:

1. Yakuza apocalypse


foto https://news.bme.com/2016/01/05/yakuza-apocalypse/

Film mengenai mafia atau gangster telah banyak menghiasi layar lebar, mulai dari yang bergenre serius ataupun komedi sudah silih berganti ditayangkan. Takashi mike, sutradara ternama asal jepang, kembali membuat film yang tak disangka-sangka oleh para penggemarnya. Ia pun merekrut aktor yang jago beladiri asal Indonesia sebagai salah satu pemerannya, yaitu Yayan Ruhiyan.

Film ini menceritakan tentang perebutan kekuasaan, sepeninggal bos yakuza bernama kamiura yang aslinya seorang vampir. Banyak kejadian ganjil semenjak kematian kamiura. Seperti manusia kappa, yang mendatangkan manusia berkostum kodok untuk mengalahkan para vampir.

Yakuza apocalypse didukung oleh musik yang keren. Yayan Ruhiyan sebagai Kyoken juga berperan sangat baik. Adegan laganya pun sangat oke, ada juga humor mengerikan yang dapat menghibur kamu yang suka lawakan seperti itu. Tapi faktor aneh yang ada difilm ini dapat membuatmu geleng-geleng kepala saat menontonnya.

2. Through the sea


foto https://www.kabarito.com/movie/1893/2018_jepang/4

Film yang rencananya akan segera tayang pada mei 2018 ini, akan diperankan artis terkenal dari Jepang yaitu Jean Fujioka sebagai pemain utamanya. Dia sendiri merupakan aktor Jepang yang menikah dengan wanita asal Indonesia bernama Vanina Amelia Hidayat. Dean kabarnya juga sering menetap di Indonesia.

Dalam proyek film kerja sama antara Jepang dan Indonesia ini, Dean Fujioka berperan sebagai laki-laki yang terdampar di pesisir pulau aceh tanpa identitas.

Selain Dean Fujioka, film Through the sea juga akan dibintangi artis Jepang lain seperti Tsuruta Mayu, Taiga, dan Yoshinaga Jun. Film ini tidak hanya dibintangi aktris dan aktor asal negeri sakura saja, Through the sea juga melibatkan artis terkenal dari Indonesia seperti Adipati Dolken dan Sekar Sari.

3. Killers


foto https://japanesestation.com/wp-content/uploads/2014/02/Killers-Film-Indonesia-Banner.jpg

Film killers dirilis pada tahun 2014. Killers dibuat oleh Mo Brother yang sebelumnya membuat film rumah dara. Film ini diperankan oleh aktris dan aktor asal negeri Jepang dan Indonesia, seperti Oka Antara, Kazuki Kitamura, Rin Takanashi, Luna Maya dll. Film Killers juga diproduseri oleh presenter terkenal asal Indonesia yaitu Daniel Mananta.

Killers bercerita tentang Nomura Shuhei yang diperankan oleh Kazuki Kitamura. Dia merupakan eksekutif muda yang berkarisma dan banyak disukai orang-orang. Disisi lain ada Bayu Ananta yang perankan oleh Oka Antara. Bayu adalah jurnalis muda asal Indonesia yang sedang terpuruk akibat obsesinya yang terlalu besar. Kedua laki-laki tersebut mempunyai sisi gelap, yaitu sama-sama suka membunuh orang.

Film ini pertama kali tayang pada Sundance Film Festival 2014 di Amerika Serikat. Menonton film killers akan teringat dengan film SAW, dengan aksi pembunuhan yang kejam.

4. Merdeka 170805

foto https://img.duniaku.net/2018/04/1524455462-Merdeka-170805.jpg

Film ini merupakan kerja sama antara TOHO Jepang dengan Rapi Film. Dirilis pada tahun 2001, film ini mengisahkan masa perang selama kependudukan Jepang di Indonesia. Tidak heran film merdeka 170805 mengambil lokasi syuting di Indonesia. Tapi sayangnya film ini tidak tayang di Indonesia, karena masalah sensor.

Merdeka 170805 menceritakan saat jepang masuk ke Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan Belanda. Hingga akhirnya mereka berhasil mengambil kekuasaan Belanda. Keadaan tiba-tiba berubah sejak Jepang mengalami kekalahan perang dan Sukarno-Hatta berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Setelah itu semua tentara Jepang dipaksa pulang kembali ke negaranya, tetapi beberapa diantara mereka ada yang menolak dan memilih untuk tetap tinggal.

5. Aishiteru


foto https://img.duniaku.net/2018/04/1524455462-Merdeka-170805.jpg

Pada tahun 2013, untuk memperingati diplomasi antara Indonesia dan Jepang di buatlah projek film tv atau biasa disebut dengan FTV yang melibatkan kedua negara tersebut.

Film ini merupakan kerja sama antara DNA Production dan Fuji TV-japan yang ditayangkan di KompasTV pada tahun 2013. Setelah dua tahun film ini mendapatkan penghargaan di Panasonic Global Award 2015.

Film Aishiteru bercerita tentang Satoshi yang diperankan oleh Minami Keisuke. Dia adalah jurnalis muda asal Jepang yang sedang meliput perayaan hubungan Indonesia-Jepang ke 55. Selama Satoshi di Indonesia, dia ditemani oleh mahasiswi lokal yang bernama mediana. Mediana diperankan oleh Prisia Nasution, dia bertugas sebagai penerjemah Satoshi dalam berkomunikasi. Selain meliput berita, Satoshi ternyata ingin mencari kakeknya yang bernama Tomutsu Matsumoto, yang menghilang selama masa penajajahan Jepang di Indonesia.


Komentar

Member of

Blogger Jakarta